Jumat, 02 Januari 2015

DESKRIPSI DIRI



Nama               : Yoga Wahyu Jati
Alamat            : Sawangan Elok Rt 02 Rw 07, Parung, Depok
Cita-cita          : Pegawai Negeri (PNS)

Saya mempunyai kelebihan ataupun kekuatan dalam hal semangat di dalam diri. Itulah mengapa saya masih mempunyai sebuah mimpi atau impian yang sangat besar sampai hari ini, semua itu dikarenakan oleh semangat yang besar dalam diri saya. Namun, di dalam kehidupan nyata, semangat tidaklah cukup untuk dapat meraih ataupun menggapai sebuah impian. Karena di dalam kehidupan nyata terdapat banyak halangan dan cobaan atau bahkan hal-hal yang tidak terduga. Saya mempunyai keinginan untuk bekerja yang mana tidak jauh dari hal yang saya suka, misalnya seperti di bidang olahraga dan seni musik. Maka dari itulah, lambat laun saya mempunyai sebuah cara untuk mengoptimalkan kelebihan atau kekuatan yang ada dalam diri saya.
Dengan berbagai pengalaman kegagalan yang pernah saya lalui, saya mendapat sebuah cara yang mana sangat cocok untuk diri saya. Hal itu adalah memperbanyak ilmu dari orang-orang yang sudah berpengalaman di dalam hal tersebut, seperti dengan cara bergaul dengan orang-orang yang sejalan atau sejalur dengan kita dan yang paling penting ialah dapat mengontrol hasrat atau semangat yang ada dalam diri saya. Dari bermacam-macam pengalaman yang pernah saya lalui, saya merasa bahwa saya akan menjadi lebih baik jika saya bisa melakukan kedua hal tersebut. Karena bagi saya, kedua hal tersebut adalah suatu faktor atau cara yang mana bila dilakukan bisa membuat diri saya menjadi lebih baik, maka dari itu, kedua hal tersebut bisa dikatakan adalah sebagai suatu cara bagi saya agar saya dapat mengoptimalkan semua kelebihan atau kekuatan yang saya punya.
Selayaknya manusia biasa, yang mana kita menyadari bahwa semua manusia tidak ada yang sempurna, begitu pula dengan diri saya. Saya dilahirkan dan diciptakan di dunia ini hanyalah sebagai manusia biasa yang mana saya juga memiliki banyak kekurangan ataupun kelemahan. Seperti yang sudah saya jelaskan dalam analisis SWOT saya, di dalam diri saya juga terdapat kelemahan ataupun kekurangan. Kekurangan atau kelemahan tersebut adalah saya sering tidak konsisten dalam menjalankan pekerjaan yang saya kerjakan. Hal itu disebabkan karena saya selalu tidak focus dan konsentrasi dalam mengerjakan hal yang saya kerjakan. Maka dari itulah bisa dikatakan bahwa saya adalah orang yang sangat lemah dalam berkonsentrasi.
Sebenarnya, lemahnya saya dalam berkonsentrasi dikarenakan oleh banyaknya aktivitas yang saya lakukan setiap harinya. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas tentang kelebihan saya yang mana saya sangat menyukai Olahraga, terutama Sepakbola. Olahraga tersebut sangatlah menguras tenaga, jadi saya sering sekali merasa kelelahan dan kecapekan setelah melakukan hal tersebut. Itulah yang menyebabkan saya sering merasa susah untuk berkonsentrasi dalam melakukan suatu hal yang saya kerjakan.
Namun sebagai manusia pada umumnya, saya juga mempunyai sebuah atau suatu cara untuk mengatasi hal tersebut, karena setiap manusia pasti belajar dari kegagalan ataupun kesalahan yang pernah dilakukannya agar menjadi lebih baik. Cara mengatasi kekurangan dan kelemahan saya ialah dengan lebih memperhatikan dan menjaga kesehatan saya. Misalnya seperti, mengontrol banyaknya kegiatan Olahraga yang saya kerjakan, agar saya tidak terlalu capek dalam melakukan aktivitas lain, dan saya sering mengontrol kesehatan, dengan sering memeriksakan kondisi tubuh saya ke dokter, saya merasa bahwa kondisi tubuh saya menjadi lebih baik dari sebelumnya, sehingga saya lebih mudah untuk berkonsentrasi dan fokus dalam mengerjakan kegiatan-kegiatan lainya. Jadi, sedikit demi sedikit saya merasa bahwa saya dapat mengatasi kekurangan dan kelemahan yang ada di dalam diri saya.
Melihat dari analisis diri ataupun SWOT diatas, bisa dikatakan bahwa bakat saya lebih cenderung di hal yang mana berhubungan dengan kegiatan extra saya, seperti Olahraga. Hal ini disebabkan karena saya lebih bisa bersemangat atau menjiwai pekerjaan yang saya lakukan jika pekerjaan tersebut berhubungan dengan Olahraga. Hal ini diperkuat dengan saya lebih merasa nyaman dan bersemangat jika menjalani kegiatan yang berhubungan dengan Olahraga. Maka dari itu, menurut pandangan yang ada di dalam diri saya dan dari beberapa pandangan orang yang sudah saya dengar, saya merasa lebih baik jika saya menjalani sesuatu hal yang mana bisa membuat saya nyaman. Karena menurut saya, kalau kita melakukan sesuatu hal dengan tidak memakai hati maka hal tersebut akan menjadi sia-sia.
Selama ini saya bercita-cita ingin menjadi seorang pegawai, namun sebelumnya ketika saya masih anak-anak, saya mempunyai cita-cita sebagai seorang olahragawan atau pemain bola. Namun setelah waktu lambat laun berjalan hingga sampai sekarang, akhirnya saya memutuskan bahwa saya ingin menjadi seorang pegawai negeri. Walaupun pegawai negeri adalah sebagai pilihan utama saya, namun saya juga mempunyai keinginan untuk berwirausaha.
Usaha yang saya ingin geluti adalah usaha perlengkapan Olahraga, karena saya merasa bahwa saya tidak bisa jauh dari kegiatan yang berhubungan dengan fisik, terutama Olahraga sepak bola. Usaha tersebut adalah saya ingin sekali membuka sebuah toko perlengkapan Olahraga, terutama perlengkapan Olahraga Futsal atau Sepakbola. Bisa kita lihat bahwa, sepakbola adalah sebuah Olahraga yang paling populer atau paling disukai di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor kenapa saya ingin sekali menggeluti usaha di bidang tersebut.
Melihat perkembangan Olahraga sepakbola di Indonesia, saya menilai bahwa di Indonesia Olahraga tersebut sangat populer sekali, tidak terkecuali di Depok. Hal ini dibuktikan dengan makin banyaknya lapangan Futsal yang dibangun di Depok. Dari hal tersebut saya merasa bahwa ini adalah sebuah peluang bagus bagi saya untuk mengembangkan jiwa berbisnis saya, disamping saya juga sangat menyukai suatu hal yang berhubungan dengan Olahraga sepakbola. Maka dari itu, muncul sebuah inisiatif atau ide di dalam diri saya untuk membuat sebuah toko peralatan sepakbola dan futsal.
Dalam setiap usaha pasti ada sebuah persaingan, begitu pula dengan bisnis ini. Saya menyadari di bisnis ini akan terdapat banyak persaingan, karena setiap orang pasti juga berlomba-lomba untuk mencari peluang. Namun dalam hal ini saya sangat amat optimis, hal tersebut dikarenakan saya mempunyai ide pemasaran yang sangat baik dan berbeda dengan ide-ide pemasaran lainya. Ide tersebut ialah dengan memilih tempat yang strategis, karena menurut saya pemilihan tempat akan sangat berpengaruh besar dalam usaha untuk menarik Customer ataupun pelanggan. Dan di sisi lain, saya juga akan mengutamakan pelayanan yang baik kepada Customer agar para Customer atau pelanggan merasa senang dan nyaman saat berada di toko saya.
Sedangkan dari sumber daya manusianya, saya akan berusaha untuk memakai atau bekerja dengan teman saya yang dapat dipercaya dan juga bergelut dalam bidang tersebut. Dan pada penggerakan bisnisnya, saya akan berusaha untuk membuat promo yang menarik di beberapa produk, sehingga diharapkan akan membuat Customer ataupun pelanggan tertarik dan mengenal toko saya. Sedangkan dari aspek keuangan, saya akan berusaha untuk menggunakan modal yang besar, karena di dalam bisnis ini dituntut untuk memiliki banyak jenis produk, dan agar membuat banyak Customer mempunyai banyak pilihan atau referensi untuk memilih barang yang mereka inginkan.
Dari beberapa penjelasan yang sudah saya tuliskan diatas, saya berkesimpulan bahwa dengan berbagai aspek yang ada di dalam diri saya, entah itu kekuatan dan kelemahan yang saya punya, saya berpendapat bahwa semua itu adalah sebagai sebuah tantangan yang mana harus dilewati agar saya dapat menjadi lebih baik. Karena setiap orang pasti berbeda-beda dan tidak sama, maka dari itu setiap manusia mempunyai kekuatan dan kelemahan sendiri-sendiri. Dan dari hal itu saya menyadari bahwa semua manusia mempunyai jalan masing-masing untuk menjadi sukses. Begitu pula dengan diri saya, dengan segala kelebihan dan kekurangan yang saya punya, saya yakin bahwa saya akan menjadi lebih baik dengan terus mengoptimalkan semua kekuatan atau kelebihan yang saya punya, dan mengatasi semua kekurangan atau kelemahan yang saya punya, agar kelak saya menjadi manusia yang lebih baik dari yang sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar